Music bagi saya...

Jumat, 01 Oktober 2010

PERSOALAN POKOK YANG DIANALISA DALAM ILMU EKONOMI

1. Bagaimana caranya menggunakan pendapatan atau sumber-sumber daya tertentu agar dia dapat memberikan kepuasan yang maksimum kepada seseorang / masyarakat.
2. Bagaimana caranya meminimumkan penggunaan pendapatan atau sumber-sumber daya untuk mencapai suatu tingkat kepuasan tertentu.
Menurut Prof. Samuel Son, Ilmu Ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan dengan atau penggunaan uang dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara, untuk menghasilkan berbagai jenis barang-barang dan jasa dan mendistribusikan nya untuk keperluan konsumsi sekarang dan dimasa yang akan datang kepada berbagai orang/ marsyarakat.
JENIS-JENIS ANALISA EKONOMI
 1. Ilmu Ekonomi deskriptif yaitu menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari wujud perkonomian.
 2. Teori Ekonomi yaitu pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat-sifat hubungan yang terwujud dalam kegiatan ekonomi, dan membuat ramalan tentang periwtiwa yang terjadi di masa yang akan datang dari wujud keasaaan ekonomi sekarang.
 3. Ilmu Ekonomi Epliyier yaitu cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijaksanaan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah ekonomi


TUJUAN-TUJUAN YANG INGIN DICAPAI DALAM PEREKONOMIAN :
1. Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat
2. Menciptakan kestabilan harga
3. Mengatasi masalah pengangguran 
4. Mewujudkan distribusi yang merata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar