Music bagi saya...

Sabtu, 07 Agustus 2010

Merawat Marmut

Marmut atau dalam bahasa lainnya guinea pig/ cavy adalah binatang yang sangat lucu, binatang ini gampang sekali terkejut. Seperti hewan pengerat. Marmut bisa bertahan sampai 10 tahun, kira-kira udah berapa tahun umur marmut kamu?
Sebelumnnya,
Kami mempunyai sepasang marmut dapatan lho...hihi
apalagi marmut nya lucu-lucu, nama nya shacie dan ubur2. Awal pertama pemeliharaan nya, saya menyediakan sebuah kandang terbuat dari besi, untuk alas nya, yang bentuk kandang nya persegi empat, setengah nya saya berikan kertas karton dialasi kain agar kaki tidak sakit saat berada dikandang, dan tidur dengan nyaman, sementara setengahnya lagi saya biarkan tanpa alas, sebagai lokasi tempat makan dan minumnya. Cara ini saya pergunakan agar tidak repot dalam membersihkan kandang.
Sebelumnya letakkan kandang dengan penyangga...seperti rumah panggung. Dibawah kolong itu saya buat alas penampungan kotoran.....^ ^
sekali lagi utk mempermudah cara membersihkan marmut..apalagi bagi kita yang sering sibuk..hehehe

Makanannya, saya hanya memberikan sayur-sayuran seperti timun, wortel, tomat dan sayur-sayuran lainnya yang gampang dicerna, bahkan bunga-bungaan juga suka lho asalkan  yang tidak mengandung peptisida. Marmut yang saya berikan makanannya sebelumnya saya cuci terlebih dahulu, tapi niih, jangan terlalu banyak memberikan sayur-sayuran... ~,~" , ntar marmutnya kebanyakan menghasilkan cairan tubuh, seperti pipis nya itu lho... baukk T.T
Oom saya yang resek memberi makan marmut saya 2hari sekali dengan menu nasi campur gula....hihiihi
aneehhh, tapi marmutnya sehat kok, gag papa.
Vitamin C juga saya berikan tuu ke marmut-marmut dalam waktu seminggu sekali.
Oiya teman-teman jgn campurkan zat apapun ke makanan marmut ya..seperti mencampur makanan nya dengan obat-obat demam, sakit kepala atau apapun itu saat marmut sedang sakit.

Marmut saya tidak suka panas,
Ketika pertama kali berinteraksi dengan kita
marmut sering bersembunyi ditempat-tempat tersembunyi,
pertama kali saya membebaskan marmut saya, dia sering berada dibalik pot bunga lho...
Asalkan tempat itu aman untuknya, dia akan betah berlama-lama disana.
Pembersihan marmut itu penting,
berikan shampo khusus kucing,pada saat dimandikan agar kesehatan marmut terjaga dan bulu-bulu nya tidak gampang rontok.
Jika kuku marmut sudah panjang, biasa nya saya menggunting nya sedikit agar saya sendiri terhindar dari cakarannya.
Karena marmut suka dibelai...^ ^
jadi kalau menggendongnya harus hati-hati....gunakan kain bersih ditangan kamu ya..Pada saat menggendongnya
supaya dia merasa nyaman...
huhuhu
kayak baby aja....
Iya dong, supaya kamu juga terlindungi.
Marmut biasanya menjadi hewan peliharan anak-anak umur diatas 6 tahun,
karena marmut itu imut, makanya anak-anak pada suka,
termasuk saya....
tapi saya bukan anak-anak lagi
:P

3 komentar:

  1. ada difacebook, saya yang kesurupan judul albumnya
    hehehe

    BalasHapus
  2. denger denger marmut nggak boleh kena air apa lagi di mandiin ?

    BalasHapus